Open Books

MySQL 5 Dari Pemula Hingga Mahir

Sampul: 

Tahun Terbit: 

Edisi: 

Versi 1.0 (Januari 2010)

Kategori: 

AttachmentSize
PDF icon MySQL Dari Pemula Hingga Mahir2.81 MB

PENGANTAR

MySQL merupakan software database open source yang paling populer di dunia, dimana saat ini digunakan lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia. Dengan kehandalan, kecepatan dan kemudahan penggunaannya, MySQL menjadi pilihan utama bagi banyak pengembang software dan aplikasi baik di platform web maupun desktop. Pengguna MySQL tidak hanya sebatas pengguna perseorangan maupun perusahaan kecil, namun perusahaan seperti Yahoo!, Alcatel‐Lucent, Google, Nokia, Youtube, Wordpress dan Facebook juga merupakan pengguna MySQL.

MySQL pertama kali dibuat dan dikembangkan di Swedia, yaitu oleh David Axmark, Allan Larsson dan Michael "Monty" Widenius. Mereka mengembangkan MySQL sejak tahun 1980‐an. Saat ini versi MySQL yang sudah stabil mencapai versi 5x, dan sedang dikembangkan versi 6x. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat di situs resmi MySQL1.

Buku berjudul "MySQL 5: Dari Pemula Hingga Mahir" ini mencoba membahas MySQL secara praktis, disajikan secara terstruktur dan disertai contoh‐contoh dan latihan untuk membantu pemahaman. Buku ini diharapkan dapat membantu Anda menguasai MySQL hingga mahir. Buku ini sangat cocok bagi Anda yang baru mempelajari MySQL maupun bagi Anda yang ingin lebih memperdalam MySQL sebagai salah satu software database terkemuka saat ini.

Buku ini terbagi menjadi 4 (empat) bagian. Bagian pertama merupakan bagian pendahuluan yang membahas mengenai penjelasan singkat MySQL dan juga langkah instalasi MySQL serta software pendukung lainnya. Bagian kedua adalah Dasar‐dasar MySQL yang menjelaskan mengenai perintah‐perintah dasar dari MySQL termasuk fungsi‐fungsi di dalam MySQL. Pada bagian ketiga dipaparkan mengenai perintah‐perintah MySQL yang lebih kompleks seperti penggabungan antar tabel, trigger, views dan stored procedure. Selanjutnya pada bagian yang terakhir akan dijelaskan mengenai penyajian laporan dan proses backup, restore database MySQL.

Akhirnya penulis berharap agar buku ini bermanfaat bagi perkembangan ilmu dan pengetahuan di Indonesia, khususnya dalam hal pengetahuan database MySQL. Saran dan kritik untuk perbaikan buku ini sangat penulis harapkan. Saran, kritik dan masukan mengenai buku ini dapat disampaikan melalui email ke penulis di achmatim@gmail.com atau melalui situs penulis di http://achmatim.net.

Penulis       


Achmad Solichin

Kontak

Alamat : Jl. H.S. Ronggowaluyo  Teluk Jambe Karawang 41361
Telepon : (0267) 641177, 641367, 642582
Fax : (0267) 641177, 641367, 642582
Website :
http://www.unsika.ac.id
E-Mail : info@unsika.ac.id
Rektor : Prof. Dr. H. Moh. Wahyudin Zarkasyi, SE.,MS,Ak,CPA